Rujak buah jambu bool biar kecil merah membara hmmm ...

 


Salah satu rujak yang cukup vaforit di Tanah Air, adalah rujak jambo bool. Bumbu rujaknya bermacam-macam tiap daerah. Namun pada umum banyak yang menggunakan terasi, gula dan cabe tentunya serta rempah lainnya. 

Bagi penggila pedas, bisa bikin hingga level tertinggi – sampai terasa pedasnya nembus ke kepala. Paling tidak keringat di jinat dan hidung bikin bercucuran. Waaaw, ngerajak tengah hari, saat cuaca vanas-vanas membara pasti bikin orak “bray” alias “Cenghar”. 

Jambu bol, jambu kepal, jambu dersono, atau jambu jamaika adalah salah pohon buah yang termasuk kedalam tanaman jambu-jambuan. Buah jambu ini memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. Tidak begitu jelas mengapa namanya demikian karena bol atau bool yang berarti "pantat". 

Buah Jambu Bol memiliki daging yang lebih lembut dan lebih padat jika di bandingkan dengan jenis jambu lainnya. Memiliki ukuran relatif besar dan lembut serta berair. jambu ini enak sekali untuk dikonsumsi langsung atau dibikinin rujak dengan di campur yang lainya. Manfaat jambu bol untuk kesehatan sangatlah penting untuk diketahui. Manfaat jamu jamaica bisa diproleh dengan mengonsumsi secara langsung atau di olah menjadi rujak buah dan selai. 

Salah satunya adalah jambu jamaika sekilas mirip jambu air, tetapi ukuranya lebih besar. Manfaat jamaika di gadang gadang baik kesehatan dan semua buah buahan pasti punya manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Namun dengan catatan jika dikonsumsi dengan jumlah wajar. Sama seperti jambu atau jambu Bol.

 

Manfaat ini dihasilkannya oleh kandungan Vitamin dalam jambu Jamika.

1.      Melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh karena kandungan serat yang terdapat di dalam nya.

2.      Menjadi pengganti karbohidrat atau nasi karena jambu ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, makan 2 biji saja anda sudah merasa kenyang.

3.      Vitamin A dan C dalam jambu jamaica sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

4.      Manfaat jambu jamaika bisa menyembuhkan sariawan dan luka pada mulut atau lida.

 







Komentar

Postingan Populer